Spotlights

  • Potret Budaya Pesantren Perguruan Tinggi dalam Melahirkan Akademisi Religius Moderat

    Potret Budaya Pesantren Perguruan Tinggi dalam Melahirkan Akademisi Religius Moderat

    Spotlight

    Kampus yang merupakan ujung tombak lembaga yang melahirkan intelektual yang berkarakter ke Indonesiaan, tetapi dalam kenyataan telah banyak melenceng dari nilai-nilai ke Indonesiaan. Ini merupakan pekerjaan rumah yang cukup besar perguruan tinggi yang merupakan ujung tombak gerakan intelektual tetapi dalam kenyataan banyak kecolongan dalam pertarungan ide dan gagasan. Oleh karenaya tidak sedikit perguruan tinggi yang melakukan terobosan dalam pembentukan karakter mahasiswa. Salah satunya adalah pembangunan pondok (ma’had) mahasiswa yang bertujuan untuk membangun karakter...

    Read More
  • HARMONI KEARIFAN LOKAL: Transformasi Tradisi Keilmuan Menuju Pendidikan Diniyah Formal Progresif

    Menakar Tradisi Keilmuan Pesantren

    Spotlight

    Kegelisahan pengasuh pesantren terhadap fenomena ini mendapat perhatian dari Menteri Agama sehingga mengeluarkan kebijakan yang tertuang dalam PMA No 13 Tahun 2014 tentang Pendidikan Keagamaan yang salah satu kebijakannya adalah diakuinya eksistensi pendidikan diniyah sehingga pendidikan ini tidak hanya bersifat informal, non formal, tetapi juga berbentuk pendidikan formal dengan nomenklatur Pendidikan Diniyah Formal (PDF) yang terdiri dari tingkatan Ula, Wustho dan Ulyadan ma’had Aly. Eksistensi lembaga ini disetarakan dengan pendidikan formal lainnya, walaupun kurikulumnya terdiri dari...

    Read More
  • Menapaki Jejak Pengajaran Islam di Pesantren: Pemikiran Agama dan Kebangsaan KH. Zaini Mun’im dan KHR. As’ad Syamsul Arifin

    Menapaki Jejak Pengajaran Islam di Pesantren

    Spotlight

    Pesantren adalah lembaga pedagogik yang memiliki nilai historis kuat dalam rekam jejak sejarah nusantara. Lembaga ini menjadi salah satu penggerak pertama dalam upaya mengedukasi muslim nusantara. Ada satu hal yang membuat perbedaan antara tradisi intelektual pesantren dan pendidikan lainnya, yaitu keberadaan sanad keilmuan (genealogi pengajaran). Dalam perspektif Ibn Qayyim al-Jauzy, sanad bisa dibilang melampaui linieritas eksatologis dari pengetahuan Islam yang...

    Read More